5 Tips Cerdik Biar Motormu Aman Saat Parkir

23 Januari 2019

5 Tips Cerdik Biar Motormu Aman Saat Parkir

Kalau kita lihat dari video-video yang beredar di YouTube dan social media kamu mengenai aksi pencurian, kita bisa hanya mengelus-elus dada di mana aksi pencuriannya bisa dilakukan segitu cepatnya segitu mudahnya. Padahal sepeda motor tersebut sudah diparkir dalam keadaan terkunci dan di posisi yang cukup yang terbilang cukup ramai, banyak dilalui oleh orang-orang.

Tenang, melalui tulisan ini, pede mencoba untuk menjabarkan setidaknya ada 5 tips cerdik agar sepeda motor kamu tetap aman di parkiran. Apa saja? Simak tips-tips berikut ini:

1. Kunci dengan Arah Setang ke Kanan

Sepintas terlihat sepele memang, bahwa kebanyakan memang bila sepeda motor dikunci setangnya dalam posisi menoleh ke kiri. Nah, coba untuk keamanan, kali ini kamu coba tengokan setang motor kamu ke kanan lalu kamu kunci. Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Kenapa bisa begitu?

Dengan posisi setang menengok ke kanan, dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi, khususnya saat mereka beraksi dengan kunci T. Posisi setang motor ke kanan akan membuatnya menjadi mengurangi ruang saat kunci T masuk ke lubang kunci. Dengan demikian, maling akan membutuhkan waktu lebih banyak dibanding setang menengok ke kiri. Hal ini tentu sangat dihindari maling untuk beraksi.

2. Gunakan Kunci Ganda

Prinsip mengapa membutuhkan kunci ganda bukan lantas kunci ganda sudah pasti aman dari aksi curanmor. Kunci ganda adalah perangkat yang akan mempersulit aksi maling menggondol sepeda motor kamu. Untuk itu, pastikan kamu membeli kunci ganda dengan kualitas pengunci yang bagus.

Kunci ganda yang disarankan jenis gembok dengan bahan besi baja tempa (hardened steel) jenis molybdenum adalah paling kuat saat ini. Kuncilah motor kamu di bagian yang bisa mempersulit aksi pencuri apabila memaksa dipindahkan dengan cara digeret, yaitu di bagian cakram belakang atau jeruji roda belakang.

3. Rekayasa Kelistrikan atau Pasang Alarm

Termasuk juga trik untuk mempersulit motor kamu dicuri adalah dengan mengakali bagian kelistrikan sepeda motor kamu. Biasanya dengan membuat saklar tersembunyi dengan memutus aliran listrik CDI atau busi. Pada tingkat modifikasi lebih serius, biasanya opsi pasang alarm bisa menjadi langkah yang lebih mudah. Namun sayangnya, opsi alarm ini terkadang cukup mengganggu sekitar karena terlalu sensitif terhadap goncangan.

4. Parkir di Parkiran Resmi

Biasakan apabila ingin parkir di suatu tempat, carilah lokasi parkir yang resmi. Karena apa? Bukan hanya disediakan pintu otomatis serta petugas parkir yang setiap saat memantau motor-motor yang terpakir. Biasanya, parkir resmi ini terpasang CCTV sehingga apabila terjadi pencurian, proses investigasi jauh lebih mudah. Untuk itu usahakan, parkir motor kamu di tempat resmi masuk dalam jangkauan CCTV.

Namun apabila kamu dapatnya bukan parkiran resmi alias parkiran pinggir jalan. Bisa diakali dengan mencari posisi yang terdalam. Hindari posisi parkir yang memudahkan motor kamu diangkut oleh mobil pick up atau truk. Yang terpenting saat parkir liar atau tidak resmi, kenali penjaga parkirnya dan hindari kamu meninggalkan barang berharga seperti helm ditinggal di sepeda motor.

5. Asuransikan Sepeda Motor Kamu!

Nah, ini tips yang paling membuat kamu tenang meninggalkan sepeda motor. Karena bagaimana pun juga, resiko kehilangan sepeda motor sering kali tidak bisa kita antisipasi dengan baik. Asuransi sepeda motor saat ini memang belum banyak bermain dan terkadang pula hanya disediakan saat kamu membeli sepeda motor baru. Lantas bagaimana kalau kamu saat ini memiliki motor yang sudah tidak baru lagi?

Tenang, untuk kamu pengguna pede dan sudah di-upgrade ke pede Plus, kamu bisa beli asuransi Jaga Motorku. Ya, hanya dengan Jaga Motorku kamu bisa asuransikan sepeda motormu biarpun tidak baru lagi tapi berusia maksimal 9 tahun. Preminya sangat terjangkau, hanya Rp 165.000 kamu akan dapat manfaat santunan total hingga Rp 30 juta, dengan santunan kehilangan maksimal Rp 5 juta serta santunan cacat tetap hingga Rp 25 juta, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Penasaran? Buka yuk aplikasi pede kamu di sini.