FAQ

Pede adalah aplikasi digital di HP sebagai solusi keuangan yang memudahkan pengguna untuk mengelola keuangannya, mulai dari transaksi pembayaran, pembelian, transfer, hingga pencatatan transaksi keuangan dan rekomendasi solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Fitur Pede yang dapat dinikmati oleh pengguna, sbb:

  • Informasi saldo.
  • Daftar teman.
  • Tarik tunai di merchant yang bekerjasama tanpa menggunakan kartu.
  • Beli pulsa ponsel, paket data, dan token PLN.
  • Beli Tiket Perjalanan Kereta Api.
  • Bayar tagihan PLN, Perusahaan Air, Telekomunikasi, BPJS dan TV kabel berlangganan.
  • Bayar transaksi belanja di merchant yang telah bekerjasama.
  • Transfer untuk kirim dan minta uang ke sesama pengguna (khusus Pede Plus).
  • Belanja online di website merchant pilihan.
  • Isi ulang saldo dengan cara setor tunai melalui Indomaret, transfer antar teman ke sesama pengguna, dan ATM/M-banking/Internet Banking yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Dengan bergabung dengan Pede, Beberapa keunggulan/manfaat yang dapat dinikmati oleh pengguna, sbb:

  • Kemudahan pendaftaran hanya dalam satu genggaman di nomor HP.
  • Pembayaran lebih cepat sebagai pengganti uang tunai, tanpa perlu mencari uang pas untuk pembayaran transaksi dengan jumlah nominal kecil.
  • Aman dengan menggunakan PIN dalam setiap transaksi.
  • Kemudahan transfer ke nomor HP pengguna tanpa harus menghafal nomor rekening bank.
  • Gratis biaya administrasi bulanan.

Setiap orang yang memiliki HP Android dan kartu SIM yang aktif dapat menjadi pengguna Pede.

Pengguna HP Android (Android Version > 4.0) dapat mengakses Pede melalui Google Play Store.

Berbagai kemudahan isi ulang saldo Pede yang dapat dilakukan dengan cara, yaitu melalui:

Melalui ATM

  1. Datang ke mesin ATM, masukkan kartu dan PIN ATM Anda.
  2. Pilih menu transfer.
  3. Pilih transfer ke bank lain.
  4. Masukkan kode Bank Ina Perdana (513).
  5. Masukkan nomor virtual account Anda (88055XXXXXXXXXXX).
  6. Masukkan nominal yang diinginkan.
  7. Konfirmasi transaksi telah berhasil.

Internet Banking & Mobile Banking

  1. Buka internet/mobile banking.
  2. Pilih menu transfer antar bank/bank lain.
  3. Pilih Bank Ina Perdana sebagai bank tujuan transfer.
  4. Masukkan nomor virtual account Anda (88055XXXXXXXXXXX).
  5. Masukkan nominal yang diinginkan.
  6. Konfirmasi transaksi telah berhasil.

Antar teman pengguna Pede

  1. Masuk ke Pede Apps Anda.
  2. Pilih Transfer Uang.
  3. Pilih teman di kontak Pede.
  4. Klik Kirim Uang.
  5. Masukkan nominal uang untuk dikirim.
  6. Klik Uang Sekarang.
  7. Masukkan PIN Anda.
  8. Konfirmasi “kirim uang”.
  9. Pilih “Selesai” atau “Simpan dan Bagikan”.

Pengguna awal yang telah melakukan pendaftaran Pede dapat menjadi pengguna Pede Plus dengan pilih menu “Upgrade” lalu upload (unggah) kartu identitas diri seperti: KTP, SIM atau lainnya dan foto melalui aplikasi Pede. Verifikasi data akan dilakukan selama 1x24 jam.

Tidak ada batasan saldo minimum sementara batasan saldo maksimum 10 juta rupiah untuk Pengguna Pede Plus dan 1 juta rupiah untuk Pengguna Pede.

Bisa, namun harus dengan nomor HP yang berbeda.

Tidak, satu nomor HP hanya bisa didaftarkan sekali saja.

Segera kirim email ke halo@pede.id Tim kami akan segera membantu Anda.

Segera kirim email ke halo@pede.id Tim kami akan segera membantu Anda.

Sesuai ketentuan Bank Indonesia, saldo Pede tidak akan mendapatkan bunga. Untuk beberapa transaksi pembelian dan pembayaran, Anda akan dikenakan biaya transaksi.

Batas maksimum transaksi yang bersifat incoming seperti setoran masuk dalam 1 bulan kalender adalah 20Juta. Sedangkan tidak ada batasan nominal transaksi yang bisa kamu lakukan.

Apabila transaksi telah dilakukan, akan tercatat di halaman “Riwayat Transaksi”, Anda bisa melihat statusnya (sukses/gagal/ditunda) dan mendapatkan notifikasi ke email Anda dari halo@pede.id.

Gunakan fitur transfer uang. Sistem kami akan mengirimkan SMS kepada penerima dan instruksi untuk install dan mendaftarkan akun Pede.

Jika pengguna lupa PIN, 
  1. Pilih menu “Lupa Kode Pin”.
  2. Masukkan Nomor Telepon Anda.
  3. Klik Lanjutkan.
  4. Masukkan jawaban pertanyaan rahasia yang Anda simpan pada saat pendaftaran pertama kali.
  5. Masukkan PIN baru Anda di menu Reset Password.
  6. Masukkan Token yang Anda terima dari SMS.
  7. Klik Proses.
  8. Pop Up Notifikasi akan muncul jika proses berhasil.

Jika pengguna lupa jawaban pertanyaan rahasia, segera kirim email ke halo@pede.id Tim kami akan segera membantu Anda.

Pengguna dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider SIM Card dan segera kirim email ke halo@pede.id. Anda dapat mengakses kembali Pede Anda dengan nomor HP yang seusia setelah permintaan pembukaan blokir SIM Card dan verifikasi ke halo@pede.id.

Tidak, saldo Anda aman tersimpan di server Pede, dengan catatan tidak ada orang lain yang mengetahui PIN dan kode jawaban rahasia Anda.

Anda bisa menghubungi Kami dengan cara kirim email ke halo@pede.id atau kunjungi website kami di www.pede.id. Tim kami senantiasa akan segera membantu Anda.